Aplikasi Shutdown Otomatis - Visual Basic

Project Sederhana: Sebenarnya telah lama saya membuat aplikasi ini, tepatnya sekitar 4 (empat) tahun yang lalu yaitu sekitar tahun 2009. Latar belakang saat membuat Project Aplikasi Visual Basic yang satu ini adalah keinginan membuat laptop saya agar Shutdown secara otomatis, seringkali beberapa orang termasuk saya sendiri yang tertidur tanpa menyadari meninggalkan laptop dengan keadaan menyala.

Sangat disayangkan karena processor dan perangkat keras di dalam laptop akan tidak tahan lama jika hal itu seringkali dilakukan. Jadi bagaimanakah solusinya?

Aplikasi Shutdown Otomatis ini merupakan suatu Project sederhana yang Fauzi buat dengan menggunakan bahasa visual basic 6.0. Mengapa dikatakan sederhana, karena project ini tidak mengandung unsur penyimpanan data di dalam database, jadi untuk ukuran file sangatlah ringan dan mudah dalam pengaplikasian kesehariannya.

Screen Shoot:
Aplikasi Shutdown Otomatis Menggunakan Visual Basic
Aplikasi Shutdown Otomatis Menggunakan Visual Basic Saat Di Jalankan

Proses Pengerjaan Project Aplikasi Shutdown Otomatis
Proses Pengerjaan Project Aplikasi Shutdown Otomatis

Cara Kerja Aplikasi Shutdown Otomatis ini hanya memanggil suatu module yang saya buat dengan mengintegrasikan pada waktu stop wacth yang saya pasang di dalam aplikasi visual basic. Secara singkat module itu merupakan berisi pemanggilan kernel pada sistem windows untuk membuat sistem shutdown maupun restart sesuai dengan persamaan waktu stop watch yang telah ditentukan oleh pengguna.

Fitur Project Aplikasi Shutdown Otomatis, Adapun fitur aplikasi ini antara lain:
  1. Penentuan bebas waktu Shutdown sesuai jam menit dan detik yang telah ditentukan pengguna.
  2. Sistem operating sistem komputer akan langsung mati secara otomatis dan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan tanpa terkecuali.
Kriteria Spesifikasi Minimal Kebutuhan Hardware :
  1. Hardisk 40 GB
  2. RAM 512 MB
  3. Processor : Pentium III 500 MHz
Kriteria Software yang Diperlukan Saat Pengerjaan Project:
  1. Operating Sistem Windows
  2. Visual basic 6.0
Demikianlah, Review singkat dari project sederhana Fauzi, Semoga berkenan memberi masukan maupun kritik dan sarannya. Jika diantara teman-teman menginginkan Download Project  dari aplikasi Shutdown otomatis ini  jangan ragu-ragu silahkan menghubungi Kontak Fauzi .
Sekian Terimakasih, Semoga bermanfaat.